Templates by BIGtheme NET

Penyebab Rantai Motor Mudah Putus dan Cara Merawatnya

Penyebab Rantai Motor Mudah Putus Serta Tips dan Cara Mudah Merawatnya – Rantai adalah salah satu komponen yang sangat vital pada sepeda motor, Semakin mantap settingan rantai maka akan semakin mantap juga akselerasi motor anda apalagi ditambah dengan jenis rantai yang berkualitas di aplikaskan ke kendaraan kesayangan anda bakal tambah jozz saat melaju. Sebelum kita membahas penyebab rantai mudah rusak dan tidak awet serta cara mudah merawatnya, Di sini admin oto86 akan menjelaskan sedikit tentang fungsi vital dari rantai sebagai salah satu komponen pada sepeda motor. Sistem kerja rantai pada sepeda motor adalah salah satu komponen yang menyalurkan tenaga putaran mesin untuk menarik roda belakang. Nah, Jika kinerja rantai masih dalam keadaan normal dengan performa yang baik maka akan menjaga akselerasi sepeda motor lebih sempurna baik saat melaju dengan kecepatan tinggi atau rendah. Baiklah, Langsung saja kita ke pokok pembahasan yaitu penyebab rantai mudah aus atau rusak bahkan putus serta bagaimana cara merawatnya agar lebih awet dan tahan lama. Lanjutkan bacaan anda tentang tips merawat rantai motor agar lebih awet dibawah ini.

Cara Merawat Rantai Motor Agar Lebih Awet

Menurut pengalaman admin oto86 tentang rantai mudah aus atau rusak disini ada beberapa penyebab sepele yang tidak pernah kita sadari sebelumnya. Nah kebiasaan sepele inilah yang sering membuat rantai motor kita mudah rusak atau aus sehingga kita harus merogok kantong untuk melakukan perbaikan dengan cara mengganti baru. Saya kira teman-teman juga sering membiarkan kebiasaan sepele terhadap rantai sepeda motor kesayangan, Eh ..salah bukan kesayangan tapi motor anda, kalau motor kesayangan pasti rantai akan tetap terjaga dengan baik. Berikut beberapa penyebab yang pernah admin oto86 temukan.

Penyebab Rantai Motor Mudah Putus Atau Aus

Rantai motor sering kendor atau kendur, Hal ini memicu kerusakan pada rantai motor seperti cepat aus dan bahkan putus. Mengapa mudah aus? karena, kalau posisi rantai motor kendor atau kendur maka setiap kali putaran menarik gear akan ada slip antara gigi gear dengan lubang rantai akhirnya gesekan tidak sempurna. Coba bayangkan kalau ribuan putaran slip terus maka akan memicu keausan terhadap rantai dan gigi gear motor anda.

Rantai motor terlalu kencang, Hal ini juga memicu kerusakan pada rantai motor yang akhirnya putus. Loh kok kendur atau kendor dan kencang juga bisa memicu rusak, Malah bingung nih….! Jangan bingung karena admin disini akan memberikan solusinya yaitu: Untuk settingan pada rantai motor itu tidak boleh terlalu kendur atau kencang, Jadi settingan rantai motor cukup sedang-sedang saja. Kayak lagu aja ya settingan rantai….. Lanjut…..

Penyebab ketiga adalah kurangnya pelumas pada rantai. Hal ini juga memicu kerusakan yang menimbulkan keausan pada rantai motor bahkan putus, Karena kalau tidak ada pelumas maka rantai akan lebih mudah di tempeli noda karat dan akhirnya kinerja rantai untuk menarik roda melalui gear tidak menghasilkan putaran dengan baik.

Penyebab keempat yang pernah admin oto86 temukan yaitu pada pergantian rantai dengan gear belakang maupun depan tidak bareng. hal ini juga memicu kerusakan pada rantai, karena kalau salah satu dari ketiga komponen ini ada yang baru dan ada yang lawas maka tidak akan menghasilkan kinerja putaran rantai dan gear tidak sempurna. Jadi perlu diingat teman kalau ganti komponen rantai dan gear sangat dianjurkan untuk ganti satu set biar kinerja seluruh komponen ini dapat bekerja dengan baik, Alhasil akselerasi motor anda akan lebih sempurna.

Rantai motor terlalu lama terkena air, Hal ini juga memicu kerusakan rantai motor karena mudah ditempeli karat.

Rantai sering kotor dari debu atau kotoran-kotoran lain yang menempel di rantai, Ini juga memicu rantai motor anda tidak awet karena debu dan kotoran dapat dengan mudah menimbulkan kerusakan seperti timbulnya karat pada rantai.

Cara Merawat Rantai Motor Agar Lebih Awet Dan Tahan Lama

Langkah pertama yang sering anda abaikan adalah pada settingan rantai motor, Jadi sangat dianjurkan untuk selalu melakukan pengecekan terhadap settingan rantai apalagi sehabis anda turing atau perjalanan jauh. Sehabis menempuh perjalanan jauh biasanya pada settingan rantai sering berubah.

Selalu jaga rantai motor anda dari kotoran dan debu, Jika ada debu atau kotoran yang menempel pada rantai segeralah untuk membersihkannya.

Selalu jaga rantai motor anda dari karat akibat terkena air dan kotoran. Jika sehabis menerjang genangan air sebaiknya secepat mungkin untuk membersihkan rantai yang terkena air tadi agar tidak memicu karat.

Lakukan pelumasan pada rantai motor anda dengan oli bekas atau pelumas khusus rantai yang sekarang ini banyak dijual di pasaran maupun bengkel-bengkel otomotif. Minyak pelumas atau oli bekas dapat menjaga rantai agar tidak timbul karat. Selain menjaga agar tidak timbul karat minyak pelumas atau oli bekas juga bisa meningkatkan kinerja putaran rantai menarik roda dengan performa lebih sempurna.

Sekian dulu ya tips dari oto86 tentang Penyebab Kerusakan Rantai Serta Cara Merawatnya Agar Lebih Awet dan Tahan Lama. Semoga tips ini dapat bermanfaat untuk anda semua. Baca juga Tips Bore Up Yamaha Mio Sporty Hingga 225cc. Salam “(oto86.com)